Senin, 18 Oktober 2010

Salah Satu Dampak Facebook untuk Mahasiswa

Facebook membuat masyarakat menjadi keranjingan. Banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh situs jejaringan ini. Salah satunya adalah keranjingan pada mahasiswa membuat mahasiswa malas.

Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering seseorang menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu belajarnya dan semakin buruk pula nilai-nilai mata kuliahnya.

Peneliti Ohio State University menyebutkan, 65 persen mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut.

Yang menarik, 79 persen dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan (misalnya belajar atau melakukan peneltian) mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian. ‘’Ini ibarat perbedaan antara dapat nilai A dan B,’’ kata Aryn Karpinski, peneliti Ohio State yang menanyai 219 mahasiswa untuk penelitiannya.

Mahasiswa labih cenderung memilih untuk ber-facebook ria, ketimbang belajar untuk menghadapi ujian. Adapun kalau mahasiswa tersebut belajar, waktu yang digunakan untuk belajar hanya beberapa jam saja sedangkan materi yang dipelajari belum seluruhnya diserap. Ada juga yang memakai sistem belajar kebut semalam (SKS), karena di siang hari digunakan untuk chating di Fb.

Jillian Pratt, seorang mahasiswa kimia di University of Alberta mengatakan, penggunaanFacebook tidak menyusahkan sama sekali baginya. Facebook hanya menjadi selingan pekerjaan.

Sumber :

http://likalikufacebook.blogspot.com/2009/05/keranjingan-facebook-sebabkan-mahasiswa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar